Tujuh Kampung Tangguh Kecamatan Krembung dilaunching

KOMINFO, Sidoarjo – Satu lagi kampung tangguh di Desa Krembung, Kecamatan Krembung, hari ini, Rabu (17/6), dilaunching oleh Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin.

Program yang digagas oleh Kapolda Jawa Timur ini memotivasi masyarakat sidoarjo untuk membentengi diri dan lingkungannya dari penyebaran Covid 19 yang berbasis kampung dengan mengandalkan solidaritas dan kegotongroyongan warga di tingkat kelurahan hingga RW.

Sebelum meresmikan kampung tangguh Wakil Bupati Sidoarjo yang akrab di sapa Cak Nur, Kapolresta Sidoarjo dan Komandan Kodim 0816 Sidoarjo meninjau pameran UKM yang digelar di sisi utara kantor Desa Krembung.

Mengawali peresmian kampung tangguh, deklarasi 7 desa kampung tangguh di Kecamatan Krembung yang dipimpin oleh Kapolsek Krembung, diikuti oleh Camat, Forkopimka dan Kepala Puskesmas Krembung, dan disaksikan langsung oleh, Wakil Bupati, Kapolresta, dan Dandim 0816 Sidoarjo.

Camat Krembung, Drs. Abdul Muid, M.Si, memastikan wilayah Krembung mulai bulan Maret, April dan Mei masih steril. Sejak tanggal 22 Mei ada yang terkonfirmasi Covid 19, sejak saat itulah kecamatan Krembung menjadi zona merah.

“Sampai saat ini di wilayah Krembung ada 9 Desa yang zona merah, sampai saat ini, yang terkonfirmasi positif 16 orang, PDP 3 orang dan ODP 27 orang,” jelasnya.

Dengan adanya kampung tangguh ini, harapan camat Krembung, 9 desa zona merah tidak menjalar ke desa lainnya, dimana dari 9 Desa tersebut sudah terbentuk 7 Desa Kampung tangguh.

Sementara, Kapolresta dan Dandim 0816 Sidoarjo menekankan penerapan protokol kesehatan dan penggunaan masker harus dilakukan dengan tertib, terutama jika beraktivitas diluar.

“Dengan kampung tangguh ini solidaritas masyarakat, kepedulian, inovasi masyarakat terutama ibu – ibu Dawis akan tumbuh dengan sendirinya,” jelas Cak Nur.

Saya berharap kedepannya setiap desa di Kabupaten Sidoarjo ini ada kampung tangguhnya. Mengapa? Karena kampung tangguh ini merupakan realisasi program untuk menyongsong Indonesia kedepan, untuk menyelesaikan masalah Covid 19.

Mengingat di kampung tangguh ada langkah promotif, preventif, kuratif yakni pengobatan dan ruang isolasi, dan ruang untuk menerima partisipasi sosial dari masyarakat.

Wakil Bupati sekaligus Ketua Gugus Tugas Kabupaten Sidoarjo yang didalamnya juga ada unsur Forkopimda, menjanjikan akan rapat nanti malam dan akan diputuskan untuk memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh kampung tangguh sesuai kebutuhan.

“Dengan demikian kampung tangguh ini bukan hanya untuk pencegahan covid 19, namun pencurian dan jambret tidak ada, pokoknya yang jelek – jelek tidak ada, bahkan teroris juga tidak ada,” sambungnya.

Diakhir kegiatan sebagai simbol dilaunchingnya kampung tangguh di Kecamatan Krembung dengan pemukulan gong oleh Cak Nur. Dilanjutkan penyerahan bantuan sembako dan masker dari Wakil Bupati Sidoarjo dan peninjauan posko kesehatan dan dapur umum. (eny/kominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *