Perum Perindo Salurkan Freezer Ikan ke-13 BUMDes .

Sortir ikan segar

Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) telah menyalurkan freezer beserta produk ikan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Tangerang, Bekasi, Bogor, Karawang, Cianjur, Pandeglang dan Purbalingga. Hal ini sehubungan dengan kerja sama antara BUMDes dan BUMN dalam rangka mengantisipasi dampak pandemi Covid-19 di pedesaan. Langkah ini diinisiasi Kementerian Desa, Pembangunan Derah Tertinggal dan Transmigrasi dengan Kementerian BUMN.

Sekretaris Perusahaan Perum Perindo Boyke Andreas mengatakan BUMN yang terpilih mengikuti program ini yakni perusahaan yang memiliki unit usaha dalam penyediaan bahan-bahan pokok. Adapun Perum Perindo dipilih karena dinilai mampu dalam menyetok ikan.

“Perum Perindo memasok mesin pendingin (freezer) beserta ikan kepada Badan Usaha Milik Desa. Kami bersyukur jika bantuan tersebut berguna bagi kemajuan ekonomi daerah setempat,” ujar Boyke dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa (16/6).

Boyke menjelaskan akan ada BUMDes dan BUMDes Bersama yang menjadi mitra kerja sama Perum Perindo. BUMDes tersebut antara lain 2 BUMDes di Serang, 3 di Tangerang, 2 di Bogor, 2 di Bekasi, 1 BUMDes di Karawang dan masing-masing 1 BUMDes Bersama di Cianjur, Pandeglang dan Purbalingga. Ketigabelas BUMDes menyatakan siap mulai bekerja sama.

“Setiap BUMDes sudah mengirimkan formulir permohonan menjadi mitra yang ditandatangani di atas materai,” lanjut Boyke.

Bahkan, ucap Boyke, BUMDes yang ada di Pandeglang juga siap bekerja sama untuk penyerapan ikan produksi mereka. Pasalnya, BUMNDes Pandeglang memiliki anggota yang bermatapencaharian sebagai nelayan.

Sebelumnya, Perum Perindo telah melakukan survei kepada masing-masing BUMDes yang dipasok freezer dan produk ikan. Adapun BUMDes Bersama di Purbalingga telah dilakukan survey oleh Perum Perindo Cabang Pekalongan.

Selain freezer, Perum Perindo juga mendistribusikan 80 kg ikan kepada pada BUMDes mitra. Ikan yang dikirim antara lain Ikan Cakalang Beku, Kembung Beku, Layang Beku, Bawal Beku, Kepala Kakap, Udang Kupas, Bandeng Cabut Duri dan Dori Fillet yang masing-masing bervolume 10 kg.

Boyke berharap kerja sama dengan BUMdes ini akan berkelanjutan ke depannya. Dia meminta akan banyak lagi mitra-mitra di daerah lain yang menyanggupi kerja sama menjual ikan produk Perum Perindo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *